Perawatan Aki

Aki yang dimaksud di sini adalah accu (dibaca : akyuu), bukan akhi ataupun aki-aki. Cara perawatannya dibuat berdasarkan pengalaman pribadi dan tidak menyadur artikel siapa pun. Hanya berlaku untuk jenis aki basah dan tidak berlaku untuk jenis aki MF (Maintenance Free). Mohon koreksi jika ada yang salah. Maklum saya masih minim pengalaman dan pengetahuan.

  • Mengetahui spesifikasi aki
    Spesifikasi yang dimaksud bisa dilihat pada badan aki atau pada spesifikasi kendaraan. Misalnya pada Thunder125 biasanya dilengkapi dengan aki Yuasa YB-7A dengan kapasitas 12 Volt 8 Ah (Ampere/hour). Aki dengan kapasitas seperti ini dapat menghasilkan daya :

    P=V.I = 12 x 8 = 96 Watt

    Jadi jangan memasang asesoris kelistrikan yang melebihi daya aki. Bila dipaksakan, aki akan mudah rusak malah bisa merusak komponen kelistrikan lain seperti kiprok (regulator) dan spull. Perhatikan juga tanggal produksi yang tertera di badan aki.

  • Cek kondisi dan ketinggian air aki
    Pastikan kondisi air aki selalu berada di antara garis LOW dan HIGH supaya aki dapat terus berfungsi dnegan baik. Lakukan pemeriksaan minimal setiap 2 minggu sekali. Terutama bila Anda sering menggunakan komponen yang berhubungan dengan kelistrikan seperti lampu buat yang sering keluyuran di malam hari.
  • Membersihkan aki
    Saat memeriksa ketinggian air aki ada baiknya juga memeriksa keadaan aki. Bila terdapat jamur di sekitarnya bisa dibersihkan dengan mengguyurkan air panas. Lakukan pembersihan aki tiap 3 bulan dengan cara menguras air aki. Hal ini dapat dilakukan sendiri, atau apabila malas tidak mau repot bisa menggunakan jasa perawatan aki. Kalau yang di pinggiran, tarifnya 5000 rupiah untuk aki motor dan 10.000 rupiah untuk aki mobil sudah termasuk air aki dan penyetruman. Kalau di bengkel seperti Shop and Drive/Ride sepertinya lebih mahal. :D

Umur pakai aki biasanya 2 tahun, ini sudah termasuk bertahan lama. Bila disertai perawatan seperti di atas, bukan tidak mungkin aki dapat bertahan lebih lama. Dan tanpa perlu kekuatiran aki ngedrop dalam perjalanan.

Dan sepertinya perawatan ini bisa berlaku untuk aki pada semua jenis kendaraan, tidak hanya terbatas pada aki motor.

About these ads

12 Comments »

  1. :)

  2. itikkecil said

    nyampah…….. *ditimpuk caplang*

  3. jensen99 said

    Huah…
    Untung setahun terakhir ini motor dah kupasangi batere, eh, aki kering. Jadi terbebas dari kerepotan perawatan diatas. (Soalnya waktu masih pake aki basah electric starternya soak mlulu…)

  4. alex said

    Ed… mumpung situ lagi jadi montir mau tanya nih: standar aki untuk perjalanan jauh seperti touring-mu yang kemarin itu yang gimana? Ya, itu juga kalo ada standarisasi seperti oli.
    Soalnya aku agak gaptek kalo urusan mekanik begini :|

  5. aRuL said

    Pintar fisika… :)

  6. @itikkecil
    makasih…

    *timpuk pake aki bekas*

    @jensen99
    saya lebih suka dng segala kerepotan itu
    karena bisa tau dng pasti keadaan akinya seperti apa
    dan mudah2an bisa berumur lebih panjang dari aki kering :D

    @alex
    pake aki asli bawaan pabrik kok
    yg penting ga ada asesoris kelistrikan yg berlebihan
    juga instalasi kelistrikannya rapi

    @aRuL
    itu kan rumus fisika jaman skolah
    untung aja masih inget :P

  7. sylvia said

    cap, ente montir ya cap

  8. Ngatno said

    12 V/ 8 AH, artinya Voltase Aki sebesar 12 volt, 8 AH artinya 8 Amper Jam. Kalo dipakai 8 Amper terus menerus atau dengan beban 12×8=98 Watt akan habis setrumnya selama 1 Jam. Atau kalo dipakai beban 16 Amper atau dengan beban 12×16=192 Watt, setrumnya akan habis dalam waktu 1/2 Jam, atau kalo dipakai 1 Amper, atau 12×1=12 Watt, akan habis setrumnya dalam waktu 8 jam.

  9. Ary said

    Q sih lebih nyaman pke aki basah,krna br prwtan lbh ribet tpi lebh tahan lama dan bLa trjdi msh bza diprbki,g sprti aki kring.gtu,.

  10. mponimin76@yahoo.com said

    sobat, aku bagi bagi tips nih, agar aki kamu-kamu semua awet.
    caranya setelah aki di kuras. masukan serbuk kimia EDTA. serbuk ini bersifat mengikat logam yang terlarut.
    konon ada yang mengklaim, bisa awet s/d 8 tahun lho? dengan catatan, diperlakuan perawatan seperti diatas dari baru.mudah mudahan bermanfaat ya? selamat mencoba.

  11. sobat, aku bagi bagi tips nih, agar aki (aki basah) kamu-kamu semua awet.
    caranya setelah aki di kuras. masukan serbuk kimia EDTA sebanyak 2-3ml ke masing – masing lobang aki. serbuk ini bersifat mengikat logam yang terlarut.
    konon ada yang mengklaim, bisa awet s/d 8 tahun lho? dengan catatan, diperlakuan perawatan seperti diatas dari baru.mudah mudahan bermanfaat ya? selamat mencoba.

  12. abc said

    aki ku bulan desember nanti uda umur 5 tahun. selalu jaga ketinggian airnya. gara2 bulan kemarin ga dipantau sampai kering separuh, sekarang jadi lemah…

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 25 other followers

%d bloggers like this: