Membaca Langit

 

Sayang, maaf ya pagi ini aku ga bisa nganter kamu. Andai aku lakukan itu, aku pasti sudah kehujanan. Kamu ga mau aku sakit kan? Iya kan?!?

SMS delivered to 081*71*73*

Maaf, pahlawan muda… Bahkan aku tak mengenalmu sebelum itu. Andai iya, sudah kuperingatkan rencana penembakan kalian, seperti saat aku bercerita bahwa esok akan ada duka, banyak sekali duka, duka yang akan menjadi sejarah kelam bangsa, duka yang mestinya membawa perubahan. Ya, aku sudah bilang ke teman-teman bahwa esok akan menjadi duka atas kalian, pahlawan muda.

Aku sudah bilang. Langit malam ini bersemburat warna darah, dari ujung utara hingga selatan. Angin tak berani bernapas. Bulan pucat bersembunyi di balik awan hitam, mungkin sambil menangis: akan ada korban. Aku tahu, tanganku gemetar menggambar kurva persamaan-entah-apa menghitung hari saat kawah ini akan meletus. Bulu kudukku merinding. Hati ini tersayat menyambut kematianmu-entah-siapa. Ibu pertiwi menangis.

Aku mengenakan kaos hitam malam itu, tanpa jaket almamater. Aku menyambut pengorbananmu, pahlawan muda.

Semanggi, 13 November 1998

About these ads

29 Comments »

  1. Praditya said

    Hmm…

    Dalam rangka apa nih Oom caplang?

  2. goop said

    Busyet…
    ini semacam nostalgia pak??
    ______________________
    nostalgia, menjaraki saat ini dan masa lalu,
    dan pahlawan muda itu, talah menorehkan catatan
    untuk dinikmati, disyukuri, pun dikenang ini hari
    ______________________
    *pulang sambil manggut2 hairan*
    knapa, tidak cerita kopdar-nya yak??
    ada apa ini?? :roll:

  3. Ochep said

    sekarng tanggal 28 desember.. nostalgianya tanggal 13 november.. ga nyambung Ed…

  4. caplang™ said

    @Praditya
    dalam rangka mengingat betapa saya sering lupa untuk mengamati gejala alam
    padahal ada banyak berita yg terkandung di dalamnya :D

    @goop
    kalo kopdar kan udah ada yg nyeritain :P

    @Ochep
    lah itu yg ngelintas kok :lol:

  5. Nazieb said

    Hmm, ternyata langit bisa dibaca yah..
    L A N G I T dibaca “langit” :P

  6. itikkecil said

    itu sms ke siapa???? laki-laki ya?

  7. rozenesia said

    *ngakak baca komen di atas* :lol:

    Baidewei… Ah, lupa mau komen apa…

  8. venus said

    laki2 yang mana lagi ini hah? hah? hah??? *cekikikan*

    maaf, bukan bermaksud merusak mood-mu, tp aku emang gak ngerti, postingan ini buat siapa…

  9. cK said

    itu poto kamu, ed? :-?

  10. Ini tentang apa-an sih Plang? Tragedi Semanggi? SMS? Atau Situ mo minta maaf ama ke-kasih-nya? :?
    *pulang dengan bingung*

  11. caplang™ said

    @Nazieb
    katanya sih begitu… :lol:

    @itikkecil :twisted:

    *panggang itik*

    @rozenesia
    puwas?? PUWAS??? :twisted:

    @venus
    emang bukan buat siapa-siapa kok, mbok :D

    @cK
    bukan! :lol: kebetulan pas moto dia lagi lewat

    @extremusmilitis
    tentang langit :)

  12. ordinary said

    membaca langit
    cool
    *pulang.. mikir…bengong depan kompie*
    tadi mo nulis apa ya

  13. andi bagus said

    wuih..awan mendung yg menggelayut hitam pekat..

  14. stey said

    aq juga bingung baca postingan kali ini,sms ga bisa nemenin karena ujan kok jadi buat pahlawan muda..takbaca lagi ah,sapa tau aq emang dodol..hehe..

  15. suprie said

    wah wah … tragedi 1998

  16. stey said

    wah tetep ga mudeng ik..emang dedel bener ya saya..maap mas..

  17. Bung Caplang pakai ilmu terawangan yak? Kok bisa membaca langit sih, hehehehe :lol: Hebat sekali Kau Bung!
    BTW, para pahlawan muda yang dimaksud mereka yang gugur di Semanggikah?

  18. nieznaniez said

    ah, tapi alam itu unpredictable. tidak semua yang terbaca itu benar…

  19. kendi™ said

    ah caplang belum sembuh juga ternyata…sudah lah ed ngga baik, biarkan lelaki itu hidup apa adanya :P

    pas kejadian ada disitu ed?

  20. iNyoNk said

    kepriben abange?
    mao kemana tho?
    potomu nggak keliatan, je

  21. dobelden said

    wah termasuk salah satu pelaku ya om?? :D

  22. aRuL said

    hidup mahasiswa aja !

  23. kurtubi said

    memangnya waktu 1998 ada di sana ya Plang
    peristiwa itu sungguh tragis saya waktu itu duduk sendirian… bukan di sana tapi di depan tv.

  24. kurtubi said

    Semula aku pikir mau meramal taun 2008

  25. wah, jadi inget zaman dulu yack …

  26. tere said

    kenapa fotonya kayak gt?

  27. [...] Amat menyakitkan saat apa yang dirasa menjadi kenyataan. [...]

  28. I’ve been active in taxes for longer then I care to admit, both on the personal side (all my employed lifetime!!) and from a legal point of view since passing the bar and pursuing tax law. I’ve furnished a lot of advice and rectified a lot of wrongs, and I must say that what you’ve posted makes perfect sense. Please persist in the good work the more individuals know the better they’ll be outfitted to cope with the tax man, and that’s what it’s all about.

  29. Gino said

    It is not my first time to go to see this web page,
    i am browsing this web site dailly and get nice information from here every day.

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 25 other followers

%d bloggers like this: