Kura-kura Brazil

Sekitar tahun 2002, saya membeli sepasang kura-kura Brazil. Sebenarnya kata sekitar jadi rancu karena ingatan yang top markotop hingga bisa diartikan antara 2001-2003. Demikian juga kata sepasang di sini berarti dua ekor. Bukan sepasang yang artinya pasangan lawan jenis, karena berani sumpah saya ga tau apa mereka homoseksual atau bukan.

Anyway, sepasang kura-kura Brazil seharga Rp. 30.000,00 itu saya beli dari seorang teman kuliah bernama Yoko alias Setiyoko, seorang yang hobi sekaligus berjualan hewan reptil, mamalia dan ampibi sebagai penyaluran hobinya. Kabarnya sih sekarang dia ada di Jogja. Mudah-mudahan bulan Agustus mendatang aku bisa ketemu dia di sana.

Kura-kura Brazil memiliki nama latin Trachemys Scripta Elegans. Wah ternyata termasuk hewan elegan!😛 Atau sering juga disebut dengan Red Eared Slider. Entah kebetulan atau memang nasib, hewan ini punya nickname yang berhubungan dengan telinga. Huss jangan ketawa!
Bila Anda tertarik untuk memelihara hewan ini, silakan membaca cara merawatnya di sini. Artikel yang disediakan cukup lengkap.

Kura-kura Brazil itu tidak berumur lama. Paling hanya bertahan setahun. Yang satu memang tumbuh besar sampai sebesar telapak tangan orang dewasa. Tapi pasangannya entah lenyap jadi mangsa ikan di kolam atau berhasil melarikan diri lewat saluran got. Peliharaanku itu kuberi nama Noel. Keren kan? Nama ini kuberikan bukan karena rasa tidak sukaku akan angkuhnya Noel Galagher personil grup band Oasis. Sama sekali tidak ada hubungannya, apalagi berharap kura-kuraku akan menjadi angkuh juga. Tapi karena memang aku suka dengan nama itu. Bahkan aku sempat membuatkan sebuah Yahoo! ID untuknya. Oh ya, nama lengkapnya Berani Noel Gw Bacok!

Artikel terkait : Kura-kura Brazil : Fakta Dasar dan Perawatan Kesehatan

35 Comments »

  1. Arief said

    wah itu kura kura kalo homo gak bisa dibudidayakan donk OM kalau bisa seh beli sepasang laki-2 n betina biar bisa beranak pinak…

    jangan lupa penggantian air minimum 2 minggu sekali untuk menjaga kualitas kura-kura itu

  2. YounG said

    punya 4 ekor dulu, tahan sampai 2 tahunan sebelum di lepas ke sungai karena kasihan cuma di dalam baskom gede aja… dulu bolak-balik pernah hujan deras dan air di baskomnya tumpah2.. ternyata kura-kura nya setia kawan.. belik lagi ke baskomnya… karena kebetulan airnya masih tinggi… lucunya lagi kejadian ini berulang beberapa kali..

  3. Edy C said

    dulu si Noel malah sampe bobo di dalem rumah
    kadang di bawah kursi, kadang di bawah tempat tidur
    skarang mo nanem eh melihara lagi belom ada tempat

    btw, skarang harganya berapaan yak?

  4. Zoe said

    wew.. di rumah juga ada tuh 2 biji (sepasang), udah berapa lama ya? ga ngitungin, sekitar 2 tahun lebih. dari kecil ampe lumayan. dulu makanannya pelet (sejenis makanan ikan tapi buat kura2), trus karena udah gede, makanannya diganti jadi ikan2 kecil. kesian banget tuh ikan di taro di bak buat jadi mangsanya..

    Bokap sih yang rajin miara and bersihin airnya, orang adek gue yg minta beliin kura2 mau diapain lagi?? hahaha.. akhirnya nyampe sekarang masih ada tuh. Sebelumnya juga ada kura2 tanggung, boleh dibagi ama sodara, eh mati dimakan tikus😦 kesian banget, gue ga liat cuma kata bo-nyok gw.

  5. bat man said

    ah, kura kura dalam perahu?

  6. Edy C said

    @zoe
    iya dulu waktu masih kecil emang makannya pelet
    trus pas udah gede dikasi makan sayuran segar

    @batman
    lebih baik daripada pura-pura dalam perahu
    hehehe

  7. 227uc said

    hiks..ilang di kolem..

  8. tuh kura2 masih ada bijinya gaakk?

    wakakakakaka..

  9. Inul075 said

    “Berani Noel Gw Bacok!” :)) parah yang kedua….

    Boleh juga tuwh namanyah oia dapet salam dari Luciano Leandro —> ini kura2 brazil zuga lho😉

    Cheers,
    Inul.

  10. Edy C said

    @Inul
    hehehe namanya mirip yak ama kura2 gw
    salam balik buat Luciano

  11. Babigol said

    Emang ada apaan ama TELINGA?

  12. yipi said

    pecinta kura2 semua nih .. salam hangat😀.
    Trims ya bro atas atensinya .🙂

  13. gatava said

    mendingan kura – kura lho bs idup..
    gw dah 2x bli kura2 mati mlulu..
    pdhl gw mw bgt piara smp tua..
    hiks..hiks..

  14. caplang™ said

    @gatava
    iya ga nyangka juga Noel bisa hidup lama
    padahal meliharanya ga neko-neko amat😀

  15. Andhika said

    aku punya kura kura brazil umurnya gak sampe 1 tahun tapi baru 1 bulan sudah mati

  16. bintil said

    aku punya sepasang kura2 brazil .. umurnya kira2 skrg dah 3 bulanan, ganti airnya tiap hari.. soalnya tempatnya kecil jadi cepet kotor, jemurnya tiap sore jam 3-4 , makannya pelet aja .. kadang2 jangkrik..

  17. caplang™ said

    @Andhika
    wah sayang banget yak baru sebulan dah tewas
    udah beli lagi?

    @bintil
    aku baru tau kalo kura-kura juga suka jangkrik😀
    tumbuhnya cepet banget tuh… sebentar lg baskomnya pasti ga muat

  18. aq beli kura2 2 tahun lalu, skaligus 4, untungnya mereka berpasangan. bru kmaren ini kura2nya bertelur dan sekarang aq bingung telurnya mau di apain? klo di tetaskan gmna caranya? sekali bertelur 6 biji.
    trus ada 1 kura2ku yang agak aneh, dari kecil pas beli sampe skarang warna di pipinya gk ada garis merahnya kyak yang laen, knpa ya? warna pipinya mlah hitam.

  19. indra said

    tolong kasih tau dong cara merawatnya!!!!!!!!apakah aq harus memotong kukunya, atau membersihkan cangkangnya,atw mungkin aku harus menjemurnya setiap pagi!!!!!!!!!!!!!!!tolong jawab ya

  20. indra said

    makasih…………..kalau sudah menjawabnya ^0^

  21. putri said

    gw baru beli kura2 nih,,sekitar tiga hari yang lalu,,sepasang,,@Rp10000,,peletnya gw beli Rp3000katanya bibi yang jualnya sih cewe cowo,,tapi ga tw juga de,,gw ma co gw kasi nama tu kura-kura miun dan maemunah,,si miun sama gw,,maemunah sama co gw,,hehe,,

  22. Bizzare said

    gw jg punya kura kura dulu….tapi mati waktu kujemur kayaknya kepanggang deh….hiks..

  23. dhia said

    om..,katanya umur kura2 brasil itu sekitar 1 tahunan
    kok punyaku udah sampe 6-7 tahun itu normalkan?
    bukan animalgus kan?

  24. Donita said

    Kura2 airnya full atau setengah badannya. Thanks.

  25. muaniz said

    Informasi yang menarik. Untuk yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut tentang kura-kura Brazil atau berbagi pengalaman tentangnya, silahkan bergabung di Forum Pencinta Kura-kura Brazil

    —————————————
    Gabung yuk di Forum Pencinta Kura-kura Brazil
    http://www.kurabrazil.info

  26. wah setau saya kura2 brazil bs smp 40 thn lhoo…

    ada punya sdr sy sudah 7 tahun lbh, smp skrg diameternya +- 30 cm..
    tinggal sm ikan2 koi, ramah banget nda pernah makan sesama mahluk hidup, cm makan pelet n dedaunan..🙂

  27. cute_jeaN said

    aku bru dkci ama pacar yang sspasang.. gag tau de jantan atau betina…
    hehe~
    iank satu lasak banget… tapi yang satunya diem banget.. g pernah aku liad dia buka mata… juga reaksi mnyembunyikan diri di balik cangkang lamban banget… takut de napa”…

    huhu~ bntu info pLizz.. gmn caranya tau kaLo dy tUh gag pNyakitaN….
    tY yAww..>,<

  28. liya said

    q br bli kra2 sekitr2 minggu llu 2 psng, tp mati 1, trus badanx penh dgn kotrn wrna cream ksi tau dong solsix,biar ilang

  29. ah, kura kura dalam perahu?

  30. boyz said

    apa cangkang kura-kura bisa ganti cangkang baru?soalnya cangkang mengelupas.

  31. seli_usel said

    . dari dllu juga gak pnya kura kura .

    . jadi penasaran niie

  32. where to buy Premier and Stitched Minnesota Vikings jerseys ??…

    […]we adivce go to this website to see more about Minnesota Vikings jerseys and others. […]…

  33. indra said

    aku punya enam ekor, 3 besar 3kecil, udah8 tahun bertahan, gak minat jual malah mau nambah lagi, sekalian tanya…merk pelet yang paling baik untuk kura-kura brazil tu merk apaan, thanks

  34. You actually help it become seem simple with an individual is presentation even so fully grasp this topic to be really core part which i think A no cost certainly in no way understand. It is apparently too complicated and also incredibly broad in my opinion. I will be excited for your post, I most certainly attempt to help get the hang up in the usb ports!

  35. Frank said

    Pretty component to content. I simply stumbled upon
    your site and in accession capital to assert that I
    get in fact loved account your blog posts. Anyway I’ll be subscribing to your augment or even I achievement you get admission to consistently rapidly.

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Leave a Reply

