Isyarat Bunyi di Kendaraan

sekarang di motor gw pake sepasang klakson Avanza. ya, Avanza! sebagai pengganti klakson ali eh asli yg suaranya cempreng n kecil. speknya juga ga jauh beda kok, 12 Volt 3 Ampere satunya. kalo sepasang jadi total 6 Ampere. tadinya sih mo pake sepasang klakson asli. lho kok sepasang? kan thunder125 default-nya cuman satu klakson? iya itu peninggalan yg lama. waktu itu malah pake klakson Hella warna item yg desibelnya guede banget dah gitu banyak nyedot listrik. sampe akhirnya aki (accu-red) gw jebol😦

kenapa pilih klakson Avanza? selain kebutuhan listriknya ga beda jauh ama yang asli, suaranya juga dah cukup buat ngusir angkot yg brenti n ngetem sembarangan. malah kalo lagi iseng skalian salam tempel ke spionnya. dasar angkot brengsek!! alasan cari nafkah dengan nyusahin orang laen? mestinya ada blog ato milis tentang ini. misal angkotbrengsek.wordpress.com ato angkot-haters@somegroups.com😀 eh jadi ngelantur…

*diulang* kenapa pilih klakson Avanza? selain alesan yg udah disebut di atas, gw juga ga terlalu sering mencet klakson kok. apalagi klakson dengan beribu pilihan suara mulai dari suara sirine, binatang sampe niru-niru pedagang es krim. malah kalo ada yang jual klakson kapal mungkin dibeli juga😆 jalanan udah cukup panas n bising. jangan ditambah polusi suara dong! kalo antre ya macet! eh kebalik… kalo macet ya antre! mo nonton bioskop ato beli Harry Potter terbaru aja bisa antre kan? PENTING: jangan klik link HP itu kalo belom baca bukunya. itu spoiler!

ngemeng-ngemeng tentang klakson, ada kebiasaan (unik? pamer?) antara bikers di jalan. saling negor dengan bunyiin klakson kalo papasan dengan bikers dari komunitas/klub lain yang terkadang ditambah acungan jempol sebagai tanda persodaraan. suarnya bervariasi, mulai dari yang tettattettot!, pam!pam!, tulalit? ato suara klakson asli yang kecil dan imut-imut… tit tiiit! kadang sebel juga sih kalo ada bro laen negor dari belakang kita trus klaksonnya mirip punya bis kota😈

emang sih kalo diliat dari aturan yang berlaku, ga ditetapin batas desibel yang boleh dipake sesuai jenis kendaraan. tapi mbok ya jangan berlebihan. apalagi pasang sirine di kendaraan pribadi😛 secukupnya aja deh… jangan sampe alat yang tadinya punya fungsi baik berubah jadi ngeganggu orang laen.

kutipan PP No. 43 tahun 1993 :

Pasal 71

(1) Isyarat peringatan dengan bunyi yang berupa klakson dapat digunakan apabila :
a. diperlukan untuk keselamatan lalu lintas;
b. melewati kendaraan bermotor lainnya.
(2) Isyarat peringatan sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) dilarang digunakan oleh
pengemudi:
a. pada tempat-tempat tertentu yang dinyatakan dengan rambu-rambu;
b. apabila isyarat bunyi tersebut mengeluarkan suara yang tidak sesuai dengan persyaratan teknis dan laik jalan kendaraan bermotor.

Pasal 72

Isyarat peringatan dengan bunyi yang berupa sirene hanya dapat digunakan oleh:
a. kendaraan pemadam kebakaran yang sedang melaksanakan tugas termasuk kendaraan yang diperbantukan untuk keperluan pemadam kebakaran;
b. ambulans yang sedang mengangkut orang sakit;
c. kendaraan jenazah yang sedang mengangkut jenazah;
d. kendaraan petugas penegak hukum tertentu yang sedang melaksanakan tugas;
e. kendaraan petugas pengawal kendaraan Kepala Negara atau Pemerintah Asing yang menjadi tamu negara.

4 Comments »

  1. Inul075 said

    Wah gagal deh gw mengaplikasikan klakson kapal di motor gw xixixixixixixi tujuan utama cuma buat nyapa Mas Ed doang kok😀 *pasang tampang innocent*

  2. ABe said

    Pasal 72

    Isyarat peringatan dengan bunyi yang berupa sirene hanya dapat digunakan oleh:
    a. kendaraan pemadam kebakaran yang sedang melaksanakan tugas termasuk kendaraan yang diperbantukan untuk keperluan pemadam kebakaran;
    b. ambulans yang sedang mengangkut orang sakit;
    c. kendaraan jenazah yang sedang mengangkut jenazah;
    d. kendaraan petugas penegak hukum tertentu yang sedang melaksanakan tugas;
    e. kendaraan petugas pengawal kendaraan Kepala Negara atau Pemerintah Asing yang menjadi tamu negara.

    Mas..kalo itu tuh..yang ngawal bos2 kaya (pake TLC/Cygnus bersirine – dasar ngepet) ato yang ngawal menteri (pake Terrano, yang ini gw masih maklum), ato pegawe dishub berharley yang ngawal DKI 1/2, ato orang sok penting (pake sirine, tapi kalo ketauan ditilang) gimana? Masih banyak tuh di jalan

    Oiya..
    Barisan baju loreng yang jadi bapaknya anak kolong juga gitu tu. Kalo udah jadi jenderal, lagak pengawalnya ngalahin pengawal menteri..buset dah!!!

  3. caplang™ said

    @Inul
    *timpuk Inul pake e33*

    @ABe
    kalo berdasarkan aturan, ya itu salah
    pelaksanaannya? yaa gitu deeeeehh

    mungkin mereka pejabat-wannabe😆

  4. Inul075 said

    *terima e33 dari Mas Ed*

    yah begitulah watak orang indonesia mas abe kayak ga tau aja cirinya orang indonesia kalo dah punya kekuasaan xixixixixixi yang kecil ngalah deh yuk mari…😀

    *timpuk mas ed pake transjakarta*

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: