Bekal Perjalanan

Checklist dalam rangka persiapan menghadiri Jambore Thunder125 di Jogja. Sepertinya merepotkan sekali karena banyak yang mesti dilakukan dan dibawa. Tapi ini semua justru demi kenyaman berkendara mulai dari berangkat sampai dengan saat kembali ke rumah. Biasanya masing-masing orang memiliki “bagasi” di motornya. Kalau saya pakai box Givi E26 Micro-2 *pamer dikit*šŸ˜›

Servis :
servis rutin, paling lambat seminggu sebelum keberangkatan. Hal ini supaya memungkinkan pengecekan ulang bila masih ada yang kurang
ganti oli, jangan lupa juga bawa oli cadangan. Perjalanan yang jauh biasanya mengakibatkan oli mesin menguap dan berkurang. Cek ketinggian oli melalui jendela akuarium yang terdapat di sisi kanan blok mesin setelah mesin mati selama 1-2 jam dan dalam posisi dinaikkan sandaran tengah (center stand)
pastikan semua berfungsi normal, mulai dari lampu sein kanan-kiri, lampu senja, lampu malam, lampu rem beserta kanvas rem depan-belakang, mur dan baut, tekanan angin ban, kabel kopling-gas-rpm-speedometer serta fungsi shock absorber

Toolkits :
toolkits bawaan, biasanya tiap motor dilengkapi dengan toolkits dari pabrikan berupa kunci pas ukuran 10-12-14-17, tang, obeng plus-minus dan pengubah setelan shock belakang.
toolkits tambahan, bawa juga kunci pas yang belum tersedia yang sekiranya akan dibutuhkan motor seperti kunci ukuran 6-8-19-22 dan satu set kunci L

Suku Cadang :
WAJIB dibawa sebagai cadangan
– kabel gas dan kopling
– busi
– kanvas rem
– mur dan baut
– ban dalam
– sekering ukuran 10/15 Ampere
– oli

Peralatan tambahan :
– kotak PP (Panti Pijat Pertolongan Pertama)
– tali tambang

Segitu aja dulu, nanti kalau ada yang ketinggalan ditambahin lagi

14 Comments »

  1. om..
    saya ndak punya bagasi…
    klo misalnya pake toolbag trus diiket di jok belakang gmn om?
    berbahayakah ato tidak?

  2. klo misalnya pake toolbag trus diiket di jok belakang gmn om?

    ga majalah kok…
    yg penting ikatannya rapi, ga nglewer2 (bahasa mana yak?)
    karena tali yg ga rapi itu yg bikin bahaya
    bisa nyangkut ke kendaraan laen
    jng sampe ga punya box jadi menghalangi turingšŸ˜€

  3. nah..masalahnya gw juga gak punya toolbag / toolboxšŸ˜›
    biasanya sih gw klo turing bawa backpack / mini keril
    itu mau gak mau barangnya masuk situ semua secara jok belakang diisi
    tas itu doank udah penuh. jadi baju toolkit sparepart ada disitu semua

    perlukah pemakaian suplemen energi?
    maksutnya, dalam turing, papakah pemakaian suplemen energi berbahaya ato tidak?
    soalnya menurut pengalaman ane, klo pake suplemen energi itu pas on fight kita emang josh, tp abis itu tepar soalnya energi cadangan udah kepake semua.
    nah, iya klo turing nya cuman sehari…klo leebih kan bahaya juga, bisa tepar di tengah jalan.

  4. biasanya sih gw klo turing bawa backpack/mini keril

    posisinya di jok belakang kan? alias sama dng posisi boncenger?
    selama ikatannya rapi oke2 aja kok
    perhatiin juga positioning atau penempatannya supaya titik berat motor ga terlalu berubah, yg akan berpengaruh thd handling motor. kalo ada bajet sih mending beli tank bag trus taro di atas tangki

    perlukah pemakaian suplemen energi?

    selama ini sih kalo turing gw ga pernah minum suplemen
    selain karena rasanya yg kurang enak, mirip permen karet, juga karena minuman itu ga alami menurut gw. belum lagi efek sampingnya seperti yg udah disebutin. gw justru paling suka sedia air putih ato minuman pengganti ion. kadang sih ngopi juga, tapi ga terlalu ngaruh buat ngilangin kantuk. emang dasar gw pelor kali yeešŸ˜†
    kalo cape n ngantuk, obat yg paling mujarab ya istirahat
    lebih baik terlambat sampe di tujuan
    daripada sampenya ke tempat yg laen…

  5. joerig said

    jangan lupa helmšŸ˜†

  6. @teh joerig
    kalo itu mah pasti, teh
    skarang ngebahas persiapan motor dulu
    nanti bikin artikel khusus untuk persiapan yg lain

    *ngeles aje*

  7. itikkecil said

    Jadi curiga… jangan-jangan ke Jogja kemaren bukan dinas kantor. tapi nyiapin untuk jambore ini

    *kaburrr*

  8. jangan-jangan ke Jogja kemaren bukan dinas kantor. tapi nyiapin untuk jambore ini

    bener banget, tikšŸ˜›
    booking hotel, survei tempat makan, bersihin jalan, sama ngegelar karpet merah buat rombonganšŸ˜†

  9. macanang said

    kalo bawa seorang, ehem, navigator manis di belakang itu juga perlu kan?:mrgreen:

  10. @macanang
    kalo emang memungkinkan ya diajak aja
    kadang ksian ama boncenger kalo jarak tempuh terlalu jauh
    bisa pegel2 ampe seminggušŸ˜€
    atau bisa juga cari boncenger di jalan

  11. Inul075 said

    waaaa ikut dong jadi boncenger tapi yg pake anhang yah biar nyaman duduknyašŸ˜€ emang ada yah thunder pake anhang? *garuk garuk dagu*

  12. masbro said

    klo turing tanpa bagasi = nekat ya…?

    belum ada dana sih buat beli macem2,…šŸ™‚
    eh kemarin malah jatuh pas di tikungan STEKPI Kalibata pecah deh panel spidometer scorpioku…

    ampe sekarang juga masih belum dibeliin spedometer lagi…

    *hiks… mau merengek minta beliin tapi malu*

  13. @masbro
    ga juga sih…
    selama pengaturannya di motor aman2 aja
    buat diri sendiri dan juga orang2 di sekitar

    kalo ada bajet mending beliin speedo dulu tuh
    nanti scorpio-nya ngambek lhoošŸ˜€

  14. Inul075 said

    wah masbro ati2 kalo disitu emang udah banyak makan korban, waktu gw nonton balap liar disitu aja ada yg jatoh juga gara2 dikejar polisi

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: