Baksos Kok Bikin Susah?

Pengalaman saya beberapa kali ngadain SoTR (Sahur on The Road) alias ngebagiin makanan untuk sahur buat orang-orang yang ada di jalanan, terasa kurang efektif. Kenapa?

Pertama, pernahkah Anda berpikir bahwa ADA bahkan BANYAK orang lain yang berpikiran sama dengan Anda dan mengadakan kegiatan yang sama bahkan dengan rute yang sama? Bisa jadi satu orang mendapat lebih dari satu bungkus makanan. Bukannya ga boleh nambah, tapi kan lebih baik kalo tepat sasaran.

Kedua, tahukah bahwa Anda membahayakan orang-orang yang hendak Anda beri makanan dengan berhenti di pinggir jalan dan membuat mereka berebutan makanan? Jam 2-3 pagi adalah waktunya orang mencari makanan, atau ada yang buru-buru karena baru pulang kerja. Situasi jalanan yang sepi cenderung membuat orang memacu kendaraannya dan kurang konsentrasi.

Ketiga, tepatkah perhitungan waktu Anda untuk membagikan makanan dan juga sahur Anda sendiri? Jangan sampe abis baksos terlalu semangat bagiin makanan n sendirinya malah ga sempet sahur, akhirnya hari itu ga puasa. Lebih baik Anda cari tempat yang emang ngebutuhin, cari tau targetnya berapa orang, bagi-bagi antara makanan dan uang saku, malah lebih baik lagi kalo bisa makan sahur bareng dengan mereka.

Keempat, sadarkah bahwa saat berbaksos tak membuat Anda dan rombongan memiliki hak lebih sebagai pengguna jalan? Jadi tolong jangan memblok/menutup jalan! Atau Anda ingin memperlihatkan kepada semua orang bahwa Anda hendak berbuat baik? Emang enak jalannya diblok jam 1 pagi pas mo pulang ke rumah?? Situ OKEH?!?

Buat para pelaku baksos malming lalu yg lewatin Permata Hijau.šŸ˜›

22 Comments »

  1. …šŸ™„ …

  2. djoko said

    tapi tetep diadain kan ? lah yg jadi sesepuhnya sapa ?

  3. almascatie said

    sebenernya bagus.. tapi kalo dah berhadapan dengan masa maka yg ada hanyalah kebanggaan identitas kelompok
    so bisa berakibat kepada timbulnya ketidaknyamanan di kelompok masyarakat lainšŸ™‚

  4. 'K, said

    yg pake harley???

  5. baksos yang bikin susah, mestinya di batalin, harus diperhitungkan secara matang. agar sebisa mungkin bisa menekan resiko negatip. jangan sampe niat baik kita malah berakibat buruk *sok tahu*:mrgreen:

  6. pr4s said

    Yak paling nyebelin tuh klo ada acara begituan pake ngeblok jalan. Klo jalan kecil yg traffic-nya ga rame gpp, tp klo ngeblok jalan gede.. wadaw…. macet bro. Maksud sih emang baik, tp jangan sampe merugikan orang lain.

  7. itikkecil said

    idenya bagus sih…. tapi kalo malah menghambat orang lain, kok rasanya aneh. Emang enak disumpahin sama orang?

  8. @djoko
    saya ga kenal sama sesepuhnya, mas
    waktu mereka selesai ngeblok dan saya berhasil mendekati rombongan
    ada beberapa jaket klub yg saya kenali
    motornya campuran : matik, bebek dan sport
    tapi waktu itu sulit untuk mendekati dan ngobrol sama mereka
    ini bukan ngomongin internal TCI kokšŸ™‚

    @almascatie
    yepp, andai diadain di suatu tempat pasti bisa lebih nyaman
    misal di masjid atau panti asuhan remaja putri

    @‘K,
    bukan saya kok…
    sumpah deh itu bukan saya!!:mrgreen:

    @tan andalas
    betuuull……

    @pr4s
    punya pengalaman?šŸ˜€

    @itikkecil
    saya juga pernah disumpahin, tik
    disumpahin supaya makin gantengšŸ˜³

  9. anak mana ed.. anak mana ??

  10. Ochep PoB said

    Itulah.. kenapa gw ga akan mau ikutan SOTR lagi, soalnya pengalaman sekali ikut.. lha kok ya jadi penguasa jalanan juga gitu, blok sana blok sini, lampu merah diembat… jadi.. dah ilfill duluan..

  11. ayahshiva said

    itu berarti perencanaannya yang kurang matang

  12. blok sana blok sini, lampu merah diembat

    kl mo ngubur orang sih gpp

  13. lei said

    niatnya sedekah..beramal baik di bulan ramadhan..tp kl kena disumpah2in gara2 ganggu kenyamanan umum sih jadinya tekor ga tuh?? hehehe..

    setuju deh pak, emng orang suka aneh dan baur prioritasnyašŸ˜€

  14. @harriansyah
    sepertinya acara gabungan dr beberapa organisasi
    ada sih yg logonya gw kenalšŸ˜€

    @Ochep PoB
    yepp…

    @ayahshiva
    bisa jadi seperti itu
    atau memang direncanakan seperti itu

    harriansyah
    orang udah meninggal belom tentu pengen buru-buru dikubur
    sapa tau dia ga mau cepet-cepet diinterogasi malaikat:mrgreen:

    @lei
    setuju apa, bu?šŸ˜›

  15. dinopiero said

    kenapa harus sahur seh???!! kenapa ga buber ajah!!??

    *buka puasa bersama loh. jangan viktor dolo yee…

  16. goop said

    Ohm caplang memang paling bisa menemukan celah, untuk savety riding campaignšŸ˜€
    Saya setuju, dengan penentuan sasaran terlebih dahulu, agar bisa lebih efektif dan efisien…:mrgreen:

  17. Yup….
    sayangnya hal seperti ini sangat mendapat tentangan keras…
    http://digitalmbul.com/blogs/2007/10/08/inikah-kegiatan-bakti-sosial/

    Selamat berjuang, ed…
    *gak ada hubungannya yak??*

  18. @dinopiero
    kalo sahur kan masih ngantuk

    *ga nyambung*

    @goop
    lebih efektif dan efisien yak, omšŸ˜€

    @Rio Octaviano
    selamat berjuang juga, om
    emang ga mudah menegakkan secuil idealisme ini yak:mrgreen:

  19. Itikad mengadakan Baksos dan aktualisasinya saya rasa patut di acungi jempol. three tumbs lah
    Perencanaan kurang matang, rasanya sih engga, hanya saya lihat sasarannya kurang mengena……jujur aja, (maaf )engga banyak orang dijalanan yang berpuasa keesokan paginya….
    Sayangnya banyak yg merasa terganggu dan memang terganggu dengan kegiatan ini…..para panitia (kalau ada), coba di review pelaksanaannya, supaya tahun depan bisa sama2 nyaman…….

  20. @kang_fathur
    ga ada yg meragukan niat baiknya kok, kang
    cuman kurang mengena yak
    seperti kata akangšŸ™‚

  21. Inul075 said

    menurut gw yg baru sekali ikutan sotr *itupun status boncenger T_T ga dikasih bawa motor sendiri makin ngejer nangisnyah* lebih baik drop aja diperkampungan kumuh kek misalnya didaerah kampung melayu kan banyak tuwh kalo ngebagiin dijalan gitu kesannya gimana gitu gw ngerasa ga adil ajah soalnya banyak banget lho para fakir miskin di indonesia n lebih bagus lagi kalo dikoordinir komunitas motor/mobil apa aja yg mo sotr jadi ngebagiinnya adil ga cuma satu tempat itu2 aja yg dikasih dah gitu asli sumpah pas sotr gw ga tidur sama sekali 2 hari gila ga tuwh ya gpp sih oia kalo masalah loe bilang “Jangan sampe abis baksos terlalu semangat bagiin makanan n sendirinya malah ga sempet sahur, akhirnya hari itu ga puasa.” kalo ini seh balik ke orangnya masing2 yah kenapa cuma gara2 ga sahur aja malah ga puasa ga penting gitu loh orang miskin yg susah cari makan aja bisa hidup selama seminggu kok kita yg masih bisa cuma ngemil aja ga kuat puasa sehari duank *aneh*šŸ˜€ muub yah komennya kepanjangan pokoke gw ga setuju ma sotr bikin gw jadi menyiksa diri doang T_T

  22. @kang fathur
    Kenalin kang, ini salah satu temen seperjuangan ane….

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: