Cara Manasin Motor

Tulisan basbang, ga mutu… Berikut cara manasin motor sebelum mulai beraktifitas :

– Nyalakan motor, jaga putaran mesin pada angka 1200-1400 rpm. Hal ini dilakukan untuk memulai sirkulasi oli agar mencapai seluruh permukaan mesin. Untuk motor yang tidak memilik rpm, kunjungi toko asesoris terdekat dan segera pasang rpm P tarik gas secukupnya dan jaga putaran mesin supaya stabil selama beberapa menit.

– Setelah putaran mesin mulai stabil, lanjutkan dengan memeriksa fungsi rem depan dan belakang, lampu sein, lampu senja, lampu malam dan tekanan ban. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi andai ada kerusakan. Misal lampu sein kiri belakang ternyata mati, harus segera dikubur mencari bohlam penggantinya. Kalau tidak sempat, lakukan peregangan tangan dan kaki supaya tidak pegal kalau mesti melambaikan tangan/kaki saat berbelok. Jangan melakukan gerakan berlebihan, apalagi tendangan seribu kaki.

– Periksa kondisi rantai dan gir. Beri chainlube bila rantai terlihat kering. Bila rantai kendor, pastikan Anda tidak memacu motor terlalu kencang untuk menghindari putusnya cinta rantai di tengah jalan.

– Jangan terlalu lama memanaskan motor, lakukan semuanya tidak lebih dari 5 menit. Selain bisa membuat leher knalpot cepat menguning, keenakan manasin motor bisa membuat Anda terlambat sampai tujuan.

– Seperti halnya manusia, selain pemanasan motor juga butuh pendinginan. Setelah tiba di tempat tujuan jangan langsung matikan motor. Biarkan saja menyala sambil melakukan ritual : copot helm dan jaket, rapikan make up, menyisir rambut, lirik-lirik lady biker yang lagi dandan. Supaya sirkulasi oli normal setelah dipakai kerja keras merebut pole position di lampu merah dan listrik aki kembali terisi karena kebijakan DRL yang setengah hati.

– Bila cara-cara di atas kurang berhasil, siapkan seliter bahan bakar dan korek api untuk ‘memanaskan’ motor. Kalau masih gagal juga, maki-maki saja motor Anda sepuasnya supaya cepat panas.:mrgreen:

Sumber : khayalan kamar mandi di pagi hari.

14 Comments »

  1. Tovic_1005 said

    Pertamax gak seh?😛

  2. Tovic_1005 said

    Hehehe, ternyata Pertamax😀

  3. Tovic_1005 said

    Hattrixx aja deh sekalian😛

  4. caplang™ said

    EHEM!! pagi-pagi dah nyampah aje…😛

  5. Tovic_1005 said

    Sekarang baru komen😛
    Kadang suka terbentur dilema juga kalo manasin motor musti berurusan dengan upaya ramah lingkungan?
    Jadi yang perlu digaris bawahi juga, pemanasan mesin sebaiknya dilakukan di area yang cukup memiliki ventilasi udara yang baik aka terbuka dikit lah, lebih baik lagi deken pu-unan (pohon), sehingga gas buang dari knalpot gak langsung terhirup paru-paru tetangga, hehehe…
    Untuk mengurangi polusi udara juga bunyi-bunyian dari knalpot (apalagi knalpot yang dah “gak prawan” alias pake knalpot resing apalagi yang dimo**n eh dibobok), sebaiknya pemanasan dilakukan seminim mungkin. Paling tidak sebanding dengan waktu yang kita perlukan untuk pake jaket, sarung tangan dan helm. Jadi gak terlalu banyak buang bengsin dan polusi toh. Kalo dirasa kurang panas, saat jalan jangan langsung geber gigi 5 (ya iyaaa laaaahhh…). Jalan santai aja dulu sambil dadah dadahan sama orang rumah, tetangga, satpam, pembantu genit dll.
    Pengalaman gw sih (bukan yang dadahin pembantu lo ya…), jalan gak lebih dari 20 km/jam di 500m pertama untuk penyesuaian kondisi mesin, handling, kerapatan jarak dan pelukan boncenger, juga nginget2 kali aja ada sesuatu yang tertinggal di rumah…😛
    Begitupun sebelum mematikan mesin, sesaat setelah sampai di parkiran kantor, matikan lampu dan aksesori lainnya seperti A/C, tape…ups salah deng…ingetnya naek boil…hehehe… gunakan “masa” tuk melepas jaket, sarung tangan, helm dan pelukan boncenger bahagi mesin untuk melakukan pengisian ulang ke aki setelah DRL.
    Setelah semua atribut terlepas, JANGAN LUPA matiin mesin dan kunci “gak usah” ditinggal di motor, ntar hilang motor semata wayang…😛.
    Dah dulu ah dari gw, nyang lainnya ntar mikir lagi deh

  6. Luthfi said

    qiqiqiqiqiq

  7. Anang said

    hahaha

  8. huhuhuhuh

  9. itikkecil said

    😯
    kenapa plang…. motormu gak mau dipanasin ya???

  10. Dewa Dewi said

    Wah, dapet info seputar motor, deh

  11. lolonmanson said

    oli motor thunder gue pake SAE 10-40 jadi manasin ga usah lama-lama.trus gue kan pake pertamaX

  12. Resta said

    setahu gw manasin motor ga boleh terlalu lama…

  13. Inul075 said

    Kalo sammi *waktu masih gw pake kendarai* tiap pagi manasin sebentar duank kok pas mo berangkat kerja aja posisi sammi juga masih didalem rumah pas gw lagi rapi2 mu ngantor begitu rapi langsung ngeluarin sammi dari kandang rumah stater, panasin bentar, langsung tarik gas berangkat deh gw n begitu nyampe kantor biasanya langsung gw matiin entu motor😀 *parah bangeds yak gw*😛 tapi sammi gpp tuwh sampe sekarang masih di bengkel S2W Bandung :))😛 *sekedar curhat colongan share aja sih*

  14. lamohdar said

    Ada kalanya memanaskan motor pada pagi hari menarik gas sampai motor meraung-raung…boleh ngak itu?

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: