Pengalaman Memperpanjang SIM Di SAMSAT Keliling

Berikut pengalaman kakak yang baru saja memperpanjang SIM di SAMSAT Keliling.

Beberapa hari lagi SIM akan habis masa berlakunya. Namun karena kesibukan jam kerja sedikit sulit untuk memperpanjang SIM ke SAMSAT terdekat. Solusinya coba bertanya kepada adik terganteng nan tercinta: aku! Langsung saja browsing ke cybermap yang menyediakan jadwal dan lokasinya. Akhirnya kakak memilih untuk ke lokasi SAMSAT di Pasar Baru.

Sampai di lokasi ternyata masih terlalu pagi, baru jam 8 kurang. Mobilnya sih sudah ada tapi belum terlihat aktifitas di situ. Kakak pun tetap bertanya kepada petugas yang ada bila bisa memperpanjang saat itu juga. Hmm sedikit memaksa yak?

Sempat terjadi obrolan yang kurang lebih isinya mempertanyakan keperluan kakak, masuk kantor jam berapa, sudah punya blog atau belum, dll. Ternyata petugas yang baik hati itu langsung meminta persyaratan yang memang sudah disiapkan sebelumnya antara lain fotokopi KTP dan SIM yang lama.

Tidak sampai 10 menit SIM baru sudah di tangan. WEKS!! Padahal dulu saya perpanjang SIM butuh waktu 1 jam! Tahu begini mending datengnya pagi-pagi sekalian deh hehehe. Setelah seluruh proses selesai, kakak bisa segera menuju ke kantor.

Petugasnya korupsi waktu? Duit yang diterima tidak masuk ke kas negara? Jarang-jarang ada polisi seperti itu? Kebetulan saja? Tidak semua laki-laki polisi itu brengsek?

Silakan nilai sendiri🙂

50 Comments »

  1. Pertamaxxx😈

  2. Ah itu ndak kebetulan kok Plang. Masih ada kok yang baik. Aku juga kebetulan dapet yang baik pas ngurus kemarin, ndak pake nunggu, langsung tokcer, udah gitu harga-nya juga pas, ndak pake kutipan, aku aja yang akhir-nya nawarin rokok sebatang ke orang-nya:mrgreen:

  3. Sayap KU said

    Keduaxxx

    Kalo pagi memang cepet mas, tapi kalo dah siang “TETEP” lama karena antri… yang Ade gak suka ngantri panjangnya, dilayanin si cepet, tapi ngantri.. urrrggghhhh !!

    -Ade-

  4. caplang™ said

    *curiga kok mas mus sama ade datengnya gandengan barengan*

    @extremusmilitis

    aku aja yang akhir-nya nawarin rokok sebatang ke orang-nya

    tahukah kamu akibat dari perbuatan itu?
    selain akan merusak kesehatan karena memberikan rokok, kamu juga membiasakan dia untuk menerima sesuatu sebagai imbalan, padahal itu tak pada tempatnya. harom!! harooom!!:mrgreen:

    @Sayap KU
    kan mangkin panjang mangkin enak, de
    bisa sambil ngemil ato ngerokok seperti kata mas mus

  5. kendi said

    panjang paan nya ed? mana enak ngantri panjang? (ikutan gaya edy ngeles😛 )

    pengalaman perpanjang sim di At-Tin…ealah ngga sampe 10 menit brow… cape deeehhh…eh sekarang depok sudah support SAMSAT keliling juga yah…..syukurlah, ngga kudu harus mesti berbelit birokrasi SAMSAT…

  6. Luthfi said

    lintas daerah bisa gak?

  7. caplang™ said

    @kendi
    akhirnya depok juga punya samsat keliling:mrgreen:

    @Luthfi
    ndak bisa buat sim yg lintas daerah, mas

  8. *curiga kok mas mus sama ade datengnya gandengan barengan*

    8)
    *bakar blog caplang soal-e hembus gosip*😈

  9. myresource said

    baru tau ada samsat keliling…
    hehehe…

  10. goop said

    Di sono mah enak, lah disini biaya yang habis berbeda dengan yang nempel di papan pengumuman di dinding😀

    menjadi bukan hanya masalah di sana dan sini ya??
    ___________________________________________________
    ah ya, saya mo bertanya kepada paman caplang:
    ada gosip baru apa ini??

    *masih bingung, rider ko nggosip, tapi ayukkk mHuahaha*

  11. erander said

    Bagus lah .. sudah ada kemajuan. Mudah2an tetap dipertahankan ya

  12. cK said

    *OOT*

    kok ganti theme??😕

    *OOT selesai*

  13. cK said

    petugasnya cakep ga?

    *digiling*

  14. HANNA said

    Benar tu, Ed. Tidak semua Polisi itu bangsat. Masih ada kok yang jujur dan baik.

  15. hoek said

    *skeptis mode ON*
    lagi beruntung aja munkin….folisina abis dafed bonus atau jatah……
    lha wong saia sama kawand saia memferfanjang SIM isa samfe 2 hari……..

  16. Model birokrasi yang begini ini Bung yang layak dicontoh.

    *Numpang OOT, theme-nya ganti lagi, yak!*

  17. temanku kemaren dibikinin sim ama temannya di bandung. sehari jadi and gratis.

    padahal..temanku itu gak bisa nyetir ! parah ini negara…

    maunya aku tuh, meski sim tembak, tetap dibagiin donk buku berlalu lintas yg benar dan sopan.

  18. aprikot said

    lama kita ngomel, cepet kita curiga, susah emang yah😀

  19. Inul075 said

    wah keren cepet joega yah kalo gw baroe sekali ngoeroes di satling tapi perpandjang stnk oedah gitoe coema 1 jam ga panas2an ga laper ga ngantri bisa tidur2an he he he *soalnya ada yg ngoeroes he he he*

    gw setoedjoe banget toeh apa kata HANNA “Benar tu, Ed. Tidak semua Polisi itu bangsat. Masih ada kok yang jujur dan baik” —> kek gw he he he *impian yg poepoes seperti poengoek merindoekan boelan*

  20. NuDe said

    tenpo hari aku minta surat keterangan driving license di KBRI Kuala Lumpur antri seharian (maksudnya nunggu jadinya sampai jam 3 sore), sudah itu, cuma untuk selembar kertas bertuliskan bahasa Inggris yang menerangkan bahwa SIM A buat nyetir mobil dan SM C buat naik motor aja harus ngerogoh kocek 60 RM (1 RM = Rp. 2.700). Kok jadi mahalan surat keterangannya ya, daripada SIMnya sendiri? (Tambah misuh-misuh lagi, dikasih info dari teman bahwa kalau nyari di KJRI Johor, khusus student, gratis mlekithis, tanpa antri mbleketri lagi, aseeem)

  21. caplang™ said

    nanggepinnya nanti aja yak
    seperti biasa, mo jalan-jalan dulu😆
    sapa tau dapet bahan tulisan lagi😛

  22. danalingga said

    Wah, polisinya mantep tuh plang.

  23. Bagus juga tuh plang..
    Tapi sayang daerah Bekasi dsktrnya kya nya blm ada y bro??
    Ente pernah denger ga?

  24. itikkecil said

    tampilan baru ya sayang😆

    baguslah kalo bisa bikin sim dengan cara seperti itu😀

  25. baliazura said

    baru minggu kemaren lihat ada mobil samsat keliling di denpasar,dan langsung inget postingan sebelumnya,

    BTW berarti lebih cepet ya klo mau memperpanjang,apa cuman saat tertentu aja?

  26. phiy said

    Belom pernah ketemu polisi tidak brengsek..

    baru seminggu lalu Omku keluar cepek krn ditilang..

  27. tovic_1005 said

    Gw kebetulan KTP Priok,
    FYI, di Jakut sendiri punya Kantor khusus pelayanan SIM yang terpisah dari Polres.
    Taun kemaren perpanjang SIM A dan C gak sampe 1/2 jam kok.
    Pengen nyobain SAMSAT keliling, tapi kudu nuggu 4 taun lagi yak?😀

  28. dobelden said

    wah mantap tuh sim keliling… saya masih lama perpanjangan

    nunggu 2011😀

    smoga sistemnya masih bisa cepet😀

  29. abeeayang said

    huo oo caplang ketahuan…….di sogok lagi…….ama polisi…..
    *kaborrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr*

    *amfun pak just joke* :mrgreen:
    *menghiba biar nggak di sikat* 😆

  30. sezsy said

    iyah…masih banyak kok polisi ganteng…
    hihihihihi

    ga boleh suudzon…
    ga boleh suudzon…

  31. tikabanget™ said

    aaahhh!!!!
    SIM ku manaa yaaa…

    **jadi inget SIM yang entah dimana..**

  32. ordinary said

    jadi inget SIM ku juga bentar lagi mo diperpanjang
    *siyap2 dateng shubuh*

  33. almascatie said

    yeahhh masih ada yang kayak gini.. saluttt sekali semoga menjalar ke tempat lain semua

  34. caplang™ said

    kok ganti theme??

    *Numpang OOT, theme-nya ganti lagi, yak!*

    tampilan baru ya sayang

    ganti theme buat variasi, kan mesti banyak gaya biar ga cepet bosen😆
    sepertinya theme ini cukup mewakili kemauanku… sederhana, luas *halah*
    walopun pengennya yg 3-column

    @extremusmilitis
    o0o jadi itu cuma gosip toh… *makin dibakar*

    @myresource
    emang sosialisasinya masih kurang dan belum di semua dareah ada samsat keliling😀

    @goop
    masih menjadi masalah di banyak tempat, paman😀
    gosip?? gosip apa?? ssstt… buka ye-em aja hihihi

    @erander
    mudah-mudahan, bang… dan ada di semua daerah ga cuma di kota besar

    @cK
    entahlah, kan ini pengalaman kakakku🙂

    @HANNA
    berarti masih ada harapan yak😆

    @hoek

    lha wong saia sama kawand saia memferfanjang SIM isa samfe 2 hari……

    kok lama banget? emang pake direndem minyak tanah biar panjang?:mrgreen:

    @Sawali Tuhusetya
    yg mau mengutamakan kepentingan umum ya, pak

    @mercuryfalling
    setelah terima dan ngebaca buku panduan lalu lintas, apa bisa menjamin perilakunya di jalan, mbak? mirip dng tulisanku yg ‘ga ada hubungan’nya itu…😀

    @aprikot
    aku sih ga ngomel, malah salut itu polisi mau ngasih pengecualian
    cuman nyoba nyari pendapat yg lain🙂

    @Inul075
    pake calo yak😆

    @NuDe
    ndak ada KBRI keliling toh?:mrgreen:

    @danalingga
    betul, bang… tapi sepertinya masih sedikit yg seperti itu

    @Indra Tutriono
    sepertinya di bekasi belom ada, bro
    http://www.lantas.metro.polri.go.id/forum/index.php?id=2&sid=471dce81d5391

    @itikkecil
    ini hanya untuk memperpanjang bukan pembuatan sim baru

    @baliazura

    berarti lebih cepet ya klo mau memperpanjang,apa cuman saat tertentu aja?

    kmaren itu kebetulan aja, bro
    kalo normalnya sih sekitar satu jam
    bikin dong cerita samsat keliling di denpasar😀

    @phiy
    emang kenapa ommu bisa sampe ditilang?
    suruh donlot aturan dong biar ga kena ditilang:mrgreen:

    @tovic_1005
    ditunggu ceritanya 4 taun lagi😛

    @dobelden
    mungkin kalo taun 2011 caranya udah beda, bro
    bisa lewat blognya samsat *ciri kecanduan blog*

    @abeeayang😈 ..tunggu pembalasanku…:mrgreen:

    @sezsy
    pasanganmu polisi yak??

    @tikabanget™
    dompetnya mana???

    @ordinary
    skalian aje dateng jam 3 pagi bareng sama bubaran maling😛

    @almascatie
    smoga, bro…😀

  35. deethalsya said

    duh, pak polisi-a baek bgt yah?!!
    msh muda gak mas… :p
    *mo jadiin inceran*
    😆

  36. bedh said

    jarang sih emang sepertinya
    rada nggak ngerti juga
    sampe sekarang lom pernah punya sim
    huhuhuhu

    saya termasuk tipe orang yang menukar SIM dengan Surat2 bergambar pahlawan.
    kalo perpanjang segampang ini pa kalo mo buat baru juga gampang?

  37. Kurt said

    perpanjang sebegitu singkat waaah… niru ah! di mana? Pasar Baru.. waduh jauh sekali… kalau nyaloin mau gak Plang heheeh (kidding)

  38. qzink666 said

    Karena masih tanggal muda mungkin polisinya blum terlalu butuh duit tambahan, bro..🙂

  39. qzink666 said

    Ato jangan-jangan polisinya lagi kesurupan arwah pak Sukamto?

  40. qzink666 said

    Apapun itu, yg penting hetrik lah..😛

  41. venus said

    iya, saya juga pernah denger. katanya layanan yg keliling ini lumayan bagus ya?

  42. abeeayang said

    huyemmm……..huyemmmmmmm

    jangan2 caplang bapaknya polisi atawa Om nya polisi atawa kakanya polisi atawa malah caplang sendiri yang polisi 👿
    kabor lage…………. :mrgreen:

  43. Inul075 said

    woits sembarangan loe mas ed, yg ngurus itu ayang gw😀 malu ah😛 kan ceritanya waktu perpanjang stnk motor gw yg kecelakaan di Jatinangor keadaan gw masih cacat men masih menggunakan tongkat peyangga kanan kiri jadi gw dirumah aja ga kemana2 nonton avatar he he he yg ngurus ya ayang gw, nyiapin semua dokumen yg dibutuhin buat memperpanjang masa berlaku stnk he he he OOT ya terakhirnya *curhat colongan*😛 malu akuw

    mas ed, hasil jalan2nya apaan? ga fair dong kalu ga ada hasilnya soalnya kan gw dah nungguin komen loe terhadap komen gw yg loe pending karena loenya mau jalan2 dolo bukan begituw? he he he

  44. abeeayang said

    hayo hayo………… kamu ketahuan!!! 👿

  45. 10 Menit itu, pakai uang ekstra atau ada sogokan kepada oknum tertentu ? Apabila semua dakwaan ditepis, berarti pengalaman ini bisa digolongkan ‘halal’.:mrgreen:

  46. bachtiar said

    Wah patut dicurigai juga ni .

    btw blog saya belum di link disini . ya ?

  47. evelyn pratiwi yusuf said

    Nggak semua polisi itu emang brengsek, tapi memang hampir semua polisi itu brengsek dan tukang buat masalah yang sebenernya itu bukan masalah

  48. caplang™ said

    @deethalsya
    kamu udah punya sim belom??😛

    @bedh

    saya termasuk tipe orang yang menukar SIM dengan Surat2 bergambar pahlawan.

    😆 hobi yg menarik…
    saya malah ndak suka cara itu, soalnya surat-surat yg gambar itu ndak ada

    kalo perpanjang segampang ini pa kalo mo buat baru juga gampang?

    buat baru juga gampag kok
    kalo ga salah tiap sabtu di samsat ada pembuatan sim kolektif
    ini diadain untuk menghindari calo
    jadi skarang adanya calo resmi😆

    @Kurt😛

    @qzink666
    mungkin polisinya lagi pengen hetrik:mrgreen:

    @venus
    pengalamanku sih lumayan bagus pelayanannya
    cuman ga nyediain mesin potokopi, jadi kita mesti bawa potokopi dokumen yg diperluin
    malah belom lama ini diluncurin layanan samsat DTD (door to door)
    tapi baru meliputi beberapa kelurahan aja
    semakin mudah kok rasanya makin syerem di jalan😦

    @abeeayang😈

    @Inul075
    o0o calonya itu pasangannya toh😆

    @Mihael “D.B.” Ellinsworth
    halal…

    @bachtiar
    belom ada yak? okeh ditambain deh

    @evelyn pratiwi yusuf
    hampir semua…😆

  49. […] bukan niru brader Edy yang sering mbahas tentang safety […]

  50. janganlewatbelakang said

    Numpang curhat yah……..!!!!!!

    SEMOGA PENGALAMAN INI TIDAK TERJADI PADA ANDA,sudah puluhan kilometer kita tempuh hasilnya hanya buang-buang waktu saja.

    Pagi-pagi saya berangkat menuju SAMSAT PADALARANG yang jaraknya lumayan jauh dari daerah saya.,saya langsung menuju ke loket INFORMASI dari informasi saya di tunjukan ke loket 13 karena di situlah tempat pelayanan MUTASI KE LUAR DAERAH,saya di layani pak polisi yang berinisial (kalau saya tidak salah lihat) “H”.sama pak H saya suruh baca persyaratan,karena saya sudah tanya2 sehari sebelumnya lewat telephone(022-6621010) saya minta pak H untuk mengecek kekurangan2 persyaratannya,tapi jawaban pak H tetap suruh baca sambil bilang cek fisk juga belum ada (dengan nada marah lho) akhirnya saya Tanya tempat cek fisik ke pak polisi yang berada di luar ,saya di tunjukan ke bagian belakang(tempat cek fisik).di tempat cek fisik ploisi mengingatkan persyaratanya sudah di copy rangkap 4 belum?(dengan nada ramah).setelah persyaratan semua sudah saya penuhi saya kembali lagi ke loket 13 .apa yang terjadi ????Pak H marah-marah(saya gak akan jabarkan perkataan apa saja yang keluar dari mulutnya pak H,yang psati membuat orang yang ngantri di sebelah tempat duduk saya bertanya-tanya) ke saya karena mungkin(bukan mungkin tapi pak H bilang pakai geleng-geleng kepala segala) merasa tersinggung karena saya geleng2 kepala di awal pendaftaran.persyaratan saya di cek, Pak H mempermaslahakan Kwitansi pembelian motor yang tandatangannya tidak sama dengan yang asli .alhamdulliah-nya saya bawa kwitansi asli dari pemilik pertama (saya ganti dengan yang baru karena kondisi kwitansi sudah lecek & tidak ada materinya)kwitansi aslipun saya tambahkan materai 6 ribu supaya tidak ada kekurangan lagi.tapi apa kata pak H (semoga alloh memafkanya) tetap salah karaena apa .alasan pak H dari awal sudah salah,yang kedua nama yang ada di kwitansi berbeda dengan nama yang di STNK (contoh nama di STNK “HERU” sedangkan di kwitansi “HERRU” akhirnya saya pulang dengan hati yang sangaaaaaaaaaaaaaaaaat dongkol.saya di sarankan oleh pak POLISI yang di luar agar datang lagi 2 mingguan supaya pak H /petugas tersebut sudah lupa dengan kejadian ini.
    PENGALAMAN SAYA DALAM PENGURUSAN YANG PERSYARATANNYA MENGHARUSKAN KWITANSI PEMBELIAN TIDAK PERNAH ADA MASLAH.meskipun itu tidak asli.

    TUJUH TIPS
    1.Jangan membantah perintah Petugas yang melayanai
    2.Suara kita jangan ikut meninggi ketika petugas suaranya tinggi
    3.Jangan melakukan gerakan yang menyinggung petugas
    4.jangan mengagap bahwa semua petugas kasar/tidak ramah pada kita(banyak PETUGAS yang sangat MELINDUNGI & MELAYANI MASYARAKAT)
    5.Cari info sebanyak mungkin tentang persyaratan apa saja yang harus di penuhi( saya sarankan untuk menanyakan ke tukang gosok no rangka & mesin/ ke tukang foto copy,biasanya mereka lebih hafal & ramah menjawab)
    6.jangan mengaharapkan akan di layani dengan baik seperti kita dilayanai para pegawai BCA yang selalu tersenyum & menyapa setiap bertemu Customer/di layanai para petugas GRAPARI TELKOMSEL yang ruangan sejuk ,minuman dingin ada,Koran terbaru ada & senyuman para petugasnya
    7.Kalau anda banyak uang / tidak banyak waktu saya sarankan memakai biro jasa / calo yang di tempat(pengalaman saya persyaratan sangat-sangat tidak RIBET & sangat-sangat cepat tergantung permasalahan)

    Persyaratan Mutasi ke luar daerah(untuk perorangan)

    1.FC BPKB
    2.FC STNK
    3.KWITANSI PEMBELIAN(BERMATERAI 6000)(ASLI & DI FOTO COPY) catatan:nama & tanda tangan harus sama dengan yang di STNK untuk menghindari petugas mempersulit persyaratan(Kalau bisa bawa KTP asli pemilik lama)
    4.FC KTP(anda)
    5.CEK FISIK ( KENDARAAN DI GOSOK(no rangka & no mesin) DI TEMPAT) Rp.10.000
    6.BPKB asli
    7.STNK asli
    8.KTP(anda) asli
    Catatan : Foto Copy Masing-masing 4 rangakap.

    Proses 1 bulan untuk mendapatkan No Resi

    Tulisan ini hanya sekedar pengalaman untuk mengantisipasi kejadian terjadi kedua kalinya kepada orang lain.tidak bertujuan menjelekan seseorang / suatu lembaga tertentu dan demi memakmurkan ekonomi rakyat kecil(bisa anda bandingkan perbedaan /selisih bila kita mengurus sendiri dengan memakai jasa orang lain(CALO).bagi pihak terkait silahkan memberikan COMMENT

    Masih bersambung…………………………………

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: