i-bu per-gi ke pa-sar

i-ni i-bu bu-di
i-ni ba-pak bu-di
i-bu per-gi ke pa-sar

Untuk menambah penghasilan keluarga, Bapak dan Ibu membuat warung kelontong di rumah. Penghasilan Bapak sebagai pegawai negeri masih harus ditambah untuk menghidupi Pandawa Lima. Warung sederhana yang menjual barang-barang kebutuhan rumah tangga, utamanya sembako. Warung yang dulunya hanya bertutupkan susunan papan kayu yang dinomori cat Kuda Terbang untuk menghindari salah pasang hingga saat ini memakai rolling door untuk berlindung dari maling nakal.

Sebagai pemegang tampuk kekuasaan anak bungsu selama 7 tahun, aku selalu mendapat belaian dan manja Ibu. Saking dimanjanya, setiap pergi ke pasar untuk membeli kebutuhan warung pilihan selalu jatuh ke aku. Pasar Kebayoran Lama, Pasar Mayestik, Pasar Senen di antara yang menjadi langganan kami. Jalanan becek, tawar-menawar harga, jajanan pasar menjadi menu utama.

Aku paling suka kalau pergi ke Pasar Senen. Biasanya ke sana setelah menikmati jaminan kesehatan pegawai negeri di RS Gatot Soebroto : cabut gigi, sunat, patah tulang aku jalani di rumah sakit itu. Sudah cukup dekat kok tinggal menyeberang jalan saja. Aku suka ke Pasar Senen. Bukan karena banyak penjual buku stensilan karya Eny Arrow yang fenomenal itu. Bukan pula demi membeli buku fotokopi bajakan yang bila dibanding harga buku aslinya… Eh aku tidak membenarkan pembajakan lho. Kecuali untuk buku stensil Eny Arrow itu.

Walaupun jaraknya jauh dari rumah tapi selalu menyenangkan pergi ke sana. Diawali dengan berjalan kaki sejauh 500 meter untuk menjangkau jalur metromini terdekat, lalu naik metromini dengan bangku keras dan lantai yang terkadang bocor hingga menyebabkan asap knalpot menjadi penghias membuat kami bagai artis Safari hari Minggu di TVRI yang sedang beraksi, hingga berdesakan walaupun dulu belum separah sekarang.

Perjuangan mencapai lokasi selalu sebanding dengan iming-iming kenikmatan usai cabut gigi. Pasar Senen terkenal sebagai pusat penjualan mainan bahkan sampai sekarang. Mulai dari mobil-mobilan, pistol-pistolan atau seragam polisi dan tentara bagi yang suka mempermainkan diri dan orang lain dengan menjadikan dirinya sebagai aparat. Begitu berlimpahnya karunia produsen mainan. Semoga tuhan membalas jasa kalian.

Aku memang anak yang nakal. Bila melewati toko mainan dan aku tertarik pada satu benda, aku akan berusaha sepenuh jiwa dan raga untuk mendapatkannya. Trik Ibu untuk memilih jalan memutar tak selalu berhasil. Bila rencana A alias merengek gagal akan dilanjutkan dengan rencana B : menangis keras. Ternyata rencana hanya rencana, ada saja yang menyebabkan kegagalan. Kata guru Bahasa Indonesia, kegagalan adalah sukses yang tertunda. Maka rencana C pun dijalankan… Persis di depan toko aku mengangkat-angkat rok ibu sambil meminta untuk dibelikan mainan. Berhasil! Lho kan aku sudah bilang aku ini anak yang nakal.

Warung Ibu terus bertahan dan berkembang sampai sekarang. Sudah lebih dari dua dasawarsa warung itu bertahan, dan aku sedikit lebih tua darinya. Beberapa tahun terakhir, penjualan minyak tanah menjadi andalan. Tapi sepertinya Bapak dan Ibu tidak akan lama lagi berhenti berjualan minyak tanah seiring kebijakan pemerintah untuk mengganti minyak tanah dengan gas.

Wah kok jadi ngelantur kemana-mana sih? Bingung, terlalu banyak yang bisa diceritakan tentang sosok Ibu. Ibu yang selalu menggerus obat jika anaknya yang ganteng dan nakal ini sakit. Ibu yang tak bosan mengingatkanku kala aku berbuat salah. Ibu yang sudah jarang berbelanja ke pasar tradisional dengan semakin banyaknya pasar modern seperti karpur, jayen, alfa, indomaret. Dan Ibu yang sekarang sedang menjalankan ibadah di tanah suci dan baru akan kembali beberapa hari lagi. Aku kangen pelukanmu, Ibu. Tuhan, biarkan aku bersujud lagi di pangkuannya.

Selamat Hari Ibu.🙂

61 Comments »

  1. ekowanz said

    oops hampir lupa bsk 22 desember..
    ibu bagi aq sih segalanya, sampai2 kdg dlm hal mencari pendamping hdp aq sering mencari org yg sifatnya mirip. Ya karena aq anak tunggal mkn,jadinya aq merasakan semua kasih sayang itu..terutama dr ibuku yg kadang selalu berusaha mengerti keinginanku walau dalam hatinya kadang tak setuju.

  2. stey said

    iya besok 22 desember..hem..miss my mom so much specially dis day..huhuhu..

  3. Praditya said

    Jdi inget klo dulu saya bandel banget…😛

  4. ordinary said

    *mode curhat on*
    hiks..hiks…
    my mom is one of the best warrior world ever had

    kekuatan hatinya jauh melebihi kekuatan tubuhnya,
    *membesarkan anak bandel kaya aku*

    i love my mom
    *mode curhat off*

  5. cK said

    hari ini khan besok. harusnya postingnya besok..😛

    *kabruur*

  6. baliazura said

    i en i ni ,ini
    i be u bu,ibu
    ini ibu

    jadi inget jaman eS De yang masih buandel…:mrgreen:

    I love mum,met hari Ibu

  7. i love my mom……….

  8. Aku memang anak yang nakal. Bila melewati toko mainan dan aku tertarik pada satu benda, aku akan berusaha sepenuh jiwa dan raga untuk mendapatkannya. Trik Ibu untuk memilih jalan memutar tak selalu berhasil. Bila rencana A alias merengek gagal akan dilanjutkan dengan rencana B : menangis keras. Ternyata rencana hanya rencana, ada saja yang menyebabkan kegagalan. Kata guru Bahasa Indonesia, kegagalan adalah sukses yang tertunda. Maka rencana C pun dijalankan… Persis di depan toko aku mengangkat-angkat rok ibu sambil meminta untuk dibelikan mainan. Berhasil! Lho kan aku sudah bilang aku ini anak yang nakal.

    *sante mode on *
    Kayaknya nggak usah diceritain dah pada tahu deh kalau Bung Caplang emang nakal, hehehehe😆
    *sante mode off *
    Jasa dan pengorbanan seorang Ibu tak mampu kita balas dengan apa pun juga. Selamat Hari Ibu!

  9. bedh said

    huhuhuu jadi inget ma mak di rumah.
    kangen ih…..

    saya rasa ibumu seneng punya anak yang bandel sepertimu
    mudah2an ibumu jadi haji yang mabrur.

    nelp mak ah……..

  10. nengbiker said

    *ngelirik kalender*

    jangan2 tinggal di daerah yg beda nih..😕

  11. Selamat Hari Ibu.😀

  12. rozenesia said

    Tanggal 22, posting 21… Tapi ga apalah… Selamat Hari Ibu. ^_^

    Aku kangen mama T___T

  13. caplang™ said

    @ekowanz
    itulah ibu…🙂
    skarang ga lupa lagi kan, mas

    @stey😀

    @Praditya
    sering dijewer ga?😆

    @ordinary
    curhat bayar!!

    @cK
    besok ga masuk kantor😛

    *angkat roknya cK*

    @baliazura
    met hari Ibu juga, bro

    @morishige_pulang_fieldtrip
    i love my mom, too..

    @Sawali Tuhusetya
    wah udah ketauan ya, pak?😳
    selamat hari Ibu juga!

    @bedh
    amin…
    makasih doanya, bro🙂

    @nengbiker
    besok libur!😛

    @Mihael “D.B.” Ellinsworth
    selamat hari Ibu🙂

    @rozenesia😆 mumpung di kantor…

  14. shanty said

    kangen ma mami nih………………… hiks….

  15. Ersis WA said

    Ibu oh Ibu … Sayang ibu sepanjang jalan, sayang anak sepenggalan jalan (pepatah salah kali ya). Sampeyan sangat bagun membangun kisah ‘nyata’ ini. Saya yakin mengugah banyak orang untuk ‘mendalami’ Ibu, terutama ibnya.

    Ha ha … anak nakal? Itu bagian kehidupan. Konon, biasanya anak nakal anak pintar, minimal secara potensi. Benarkan? Ha ha … rasanya aku baca tu buku-buku Eny Arrow … jadi geli ngangatnya.

    Selamat Hari Ibu, selepas Idul Adha. Salam?

    Oh ya, saya mau jawab pakai artikel, tapi apa yang Sampeyan maksud sampai di draft? Kalau draf kan tulisan sudah jadi yang perlu diperbaiki? Apa saya ngak salah tangkap?

  16. hanna said

    Camplang memang nakal ! naka! nakaaaallll!

  17. hanna said

    Btw… ceritamu menyentuh, Plang. Membuat saya jadi teringat dengan Ibu.

    Syukurnya anak2 saya tidak seperti camplang yang meminta sesuatu dengan menanggis. Kalau Ibu camplang membacanya pasti terharu. Tapi itu adalah kenangan termanis kita

  18. bacteria said

    selamat hari ibu …..

  19. qzink666 said

    Sampaikan salamku untuk ibumu, bro..
    Katakan, dari seseorang diujung sana yg begitu mengagumi perjuangannya..

  20. kurtubi said

    Ibumu bangga sekali punya anak yang sedari kecil mampu menyusun planning strategy: A, B C dst gaya film hollywood.
    Anak yang baik tidak jauh dari Ibu yang baik pula …… selamat hari Ibu…🙂
    Ibbbuuu ……….. wan gelap, lalu hujan.

  21. tukangkopi said

    *ingat bunda*

    *berlinang air mata*

  22. almascatie said

    met hari ibu………

  23. iya eh..ibuku juga superwoman. and sampe setuir ini, masssiiiih aja ngandalin ibu. contoh kecil waktu ada tikus masuk ke kamarku. siapa lg yg ngurs, ibuku. aku ? cuma bisa teriak teriak geli

  24. unai said

    hihi kok kalimat pembukanya ini ibu budi? jadi keingetan jaman sd🙂

  25. goop said

    i-ni i-bu bu-di
    i-ni ba-pak bu-di
    i-bu per-gi ke pa-sar

    OOT sebentar,
    Siapakah penjual sayur Bro??:mrgreen:
    ___________________________________________
    Btw, kereeennn abis, sekilas saya agak kurang mengenali, klo ini caplang yang nulis..
    Ada deskripsi, dan saya suka narasinya, seperti diajak berjalan2 menyusur lorong2 pasar yg becek😀
    Syaluth bro…
    Adapun hal yang masih nampak caplangnya, apa lagi kalo bukan “nakal”nya itu:mrgreen:
    ah kau, memang palin bisa sobat😀
    Terima kasih
    ___________________________________________
    Oya, selamat hari ibu

  26. edratna said

    Berbahagialah ibu yang mempunyai anak seperti Caplang.
    Saya senang membaca tulisanmu, bahwa kalaupun ibu bekerja, pasti ibu juga ingat anaknya, dan ini pasti dilakukan oleh sebagian besar kaum ibu. Kalaupun ada ibu yang meninggalkan anaknya, asyik dengan karirnya sendiri, untuk ukuran Indonesia masih lebih kecil, dibanding ibu yang ingat akan anaknya.

    Bahkan kalau ibu itu terpaksa tugas luar kota, sebelumnya sudah disiapkan dulu, agar anaknya tak keteteran, kalau masih balita diajak sehingga begitu tugas selesai, masih bisa bermain dengan anak dan pengasuhnya di hotel.
    Caplang, makasih postinganmu, semoga juga memberikan inspirasi kaum bapak, untuk membuat suami isteri saling hormat manghormati, saling mendukung, dan tujuannya adalah agar putra-putranya berhasil.

  27. Ina said

    *geleng2 pala

    Dasar..nga msh kecil ampe sekarang masih bandel aja.:mrgreen:

    Met Hari Ibu buat Bunda dan Istri tercinta yach, ping.😀

    *angkat kaki tinggi tinggi

  28. Happy mother’s day

  29. […] hari […]

  30. Moerz said

    ah…
    emak…..
    kangen..

  31. kw said

    kangen tapi tak cukup energi untuk sekedar memencet nomor nomor di tuts hape.
    jahat ga siiii?🙂

  32. abee said

    weks……barusan berkangen-kangenan ama emak…tapi sekarang dah di semarang lagi….baru nyampe nich… 😥
    met hari ibu

  33. dobelden said

    Met Hari ibu…..

    *kangen ibu nih😦

    *telp apa pulang yaks😀

  34. gamma said

    wiihh..jadi homesiiick.. sniifh!

  35. antarpulau said

    i-ni i-bu bu-di
    i-ni ba-pak bu-di
    i-bu per-gi ke pa-sar

    ——————
    i…
    n…
    i…
    ni…. » ini…

    i…
    b…
    u…
    bu… » ibu…

    cape nihhhh……

  36. rezco said

    mestinya :

    i-ni i-bu ca-plang

    i-ni ba-pak ca-plang

    ca-plang a-nak si-a-pa

  37. Kendi™ said

    ah memang caplang anak yang baik

    tidak pernah nakal… cuma kalau kalau tiba saatnya ‘stok opnam’ jajanan2 kecil terkadang selisih, terutama ‘permen kaki’ kesukaannya😆

  38. Ibu:
    Tuh Pak, tuh Caplang tadi ngadat,
    Ngga tau adat,
    Maksa minta dibeliin coklat,
    Masa tadi dipasar rok Ibu diangkat- angat,

    Caplang:
    Wah gawat- gawat,
    Bakal kena semprot si Bapak ni alamat,
    Halah halah.. kena kemplang ni jidat,
    Kiamat dah kiamat,

    Bapak:
    Caplaaaaaang !!!! Awas kalo minggat!!
    sini mendekat,
    Mikir dong mikir, masa rok Ibu diangkat- angkat,
    Ta’ bisikin..ntar lagi pegi bareng Bapak, roknya orang laen aja yang lewat,

    Caplang:
    ?

  39. i-ni i-bu bu-di
    i-ni ba-pak bu-di
    i-bu per-gi ke pa-sar

    maaf, OOT…tapi saya jadi teringat salah satu adegan di film Quickie Ekspress
    😆
    :mrgreen:

    *ngakak nggak brenti brenti*

  40. evan said

    i-ni i-bu bu-di
    i-ni-ba-pak-bu-di
    i-ni-i-bu-di-bu-bu-di

    *e-van-la-gi-be-la-jar-ba-ca-tu-lis*😀

  41. meski udah lewat 22 December, udah kok nelepon emak barusan.. ditanya kapan pulang? aku njawab, nanti pas musim rambutan dirumah deh (kok kayak codot aja yah? – pulang pas musim rambutan).

    Seneng udh bisa mampir kesini, salam kenal dari afrika barat!

  42. venus said

    selamat hari ibu, selamat taun baru juga. postinganmu menyentuh, kecuali di bagian enny arrow, hahahah…

  43. Sayap KU said

    Kapan yah Ade bisa jadi Ibu …

    -Ade-

  44. Sayap KU said

    Pengen jadi Ibu …

    -Ade-

  45. Sayap KU said

    Gak niat hetrizzzxxxxx sebetulnya, tapi sepi disini ….

    -Ade-

  46. indra1082 said

    1.IBU

  47. indra1082 said

    2.IBU

  48. indra1082 said

    3.IBU

  49. indra1082 said

    Selanjutnya terserah anda

  50. indra1082 said

    YESS!! hetrix…..mumpung sepi…
    ikutin Ade

  51. alief said

    kasih ibu memang tiada tara…🙂

  52. suandana said

    kasih ibu…
    kepada beta…
    tak terhingga sepanjang masa…
    *nyanyi… tak peduli walau suaranya bikin kaca pecah…*😀

  53. saya jg buuuuuuuuuuandel
    tp yg namanya ibu tetap ibu !🙂

  54. Speechless😐

    Met Hari Ibu Bro, Salam Buat Ibu-nya yaks😉

  55. lei said

    ck..ck..kmu teh bandel pisan nya? *geleng2 kepala*

  56. detnot said

    Happy mothers day

    *biar telat asal selamat😀

  57. disamarkan said

    berulang kali namaku di sebut…
    ada gerangan apa ya ?
    apa hubungannya dengan hari ibu? atau apa hubungannya dengan kenakalan waktu kecil ya….
    nasib tlah membawaku ke setiap pojong anak SD waktu dulu…
    namaku… oh namaku…

  58. titiw said

    Tulisan yang bagus. Orang pada umumnya gak akan mengira kamu akan omong tentang hari ibu. Anyway.. I do love pasar senen juga kok.. hee..🙂

  59. azer10 said

    ya saya juga suka pasar senen khusus nya buat beli sepatu2 olah raga.hehehe
    btw salaut ya buat orang tua kita yang bisa menjadikan kita seperti sekarang ini, khususnya ibu…
    oh ya salam kenal ya….😀

  60. tere said

    mellow mode ON!
    hiks.. jadi kangen juga nih… mellow mode OFF

    gue juga anak tukang kue, nyokap gue beli kue di pasar senen juga tuh tiap pagi sampe sekarang! dulu dia juga pernah jualan di Pasar Senen. Pasar Senen emang mantap! baju2nya gak kalah sama ITC yang makin merayap di kota Jakarta!

  61. […] HARI NATAL 2007. Semoga semangat Natal memberikan ketenganan dan kedamaian sehingga membawa perubahan […]

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: