Tips Mudik Roda Dua

Persiapan motor
Pastikan motor Anda sudah siap untuk menempuh perjalanan jauh. Lakukan servis dan pemeriksaan pada fungsi dan suku cadang Anda: aki, kanvas rem, lampu-lampu, setelan rantai. Jangan lupa untuk membawa suku cadang fastmoving seperti ban dalam, pelumas rantai, bohlam, busi dan sekering. Jangan lupa juga untuk membawa oli cadangan bila oli menguap akibat cuaca dan mesin mesti bekerja keras.

Persiapan bagasi
Jangan memaksa untuk membawa terlalu banyak barang. Perhatikan juga tata letak yang rapi karena akan mengubah center of gravity yang mempengaruhi kendali motor. Rapikan tali pengikat (bila ada) untuk menghindari kemungkinan tersangkut di kendaraan lain.

Persiapan pengendara
Jarak tempuh yang jauh ditambah kemacetan arus mudik yang mungkin timbul menuntut pengendara untuk selalu fit dan konsentrasi. Mudah-mudahan tips Ramadhan ini dapat membantu Anda menjaga kondisi tubuh.

Persiapan penumpang
Motor dirancang untuk 2 orang dan memiliki beban maksimal yang berbeda tergantung jenis motor yang Anda miliki. Baca buku petunjuk perawatan motor Anda dengan seksama. Jangan memaksakan diri untuk membawa terlalu banyak orang. Selain dapat mengakibatkan kendali motor yang tidak sempurna juga bisa mengakibatkan hilangnya nyawa. Mungkin Anda masih ingat kasus kematian balita yang diletakkan antara pengendara (ayah) dan boncenger belakang (ibu), yang diduga akibat sesak napas. Atau kasus anak yang tertidur dan ternyata meninggal saat didudukkan di depan pengendara. Jangan jadikan anak sebagai windshield (tameng angin) Anda!

Selama perjalanan, pastikan Anda dan keluarga mendapat istirahat yang cukup. Berhentilah setiap 2 jam sekali untuk ibadah, meregangkan badan, mengisi bensin dan juga memeriksa kondisi motor.

14 Comments »

  1. cK said

    tips yang menarik. nanti coba saya praktekin dengan sepeda. 8)

  2. caplang™ said

    gilee cepet bgt!😀

  3. itikkecil said

    gak mudik pake motor

    *ngeloyor pergi*

  4. Ochep PoB said

    Maap… taun inipere mudik… pengen ngerasain di Jakarta pas lebaran..

  5. imcw said

    makasi, tips yang bermanfaat walau saya tidak mudik…

  6. mudik kemana ed??

  7. caplang™ said

    @Jenderal Bayut™
    pengennya sih ke jawa timur, tempat pakde di mojokerto

  8. duh asiknya mudik…

  9. baliazura said

    jangan lupa oleh oleh…

  10. Tip yang praktis. Akan aku praktikkan, soalnya setiap tahun aku mesti mudik bersama keluarga. OK. trims.,

  11. morishige said

    tambahan, mas.. kalo di jalan jangan ngebut..
    ..
    aku pernah dulu mudik pake motor..
    kalo udah disamping truk, ajep-ajeo deh,, he
    salam kenal..

  12. Inul075 said

    mas ed kalo ke mojokerto bilang2 yah nti kita ketemuan disanah😛 tahun ini ga mudik soalnya nenek yg mu kesinih nengok ponakannya yg kembar dan baru lahir xixixixixixixi sepupu gw yg lutju kek gw *lho*😛

  13. lolonmanson said

    pinginnya mudik kejombang pake thunder tapi ga bisa sebab ga ada patner nehhh

  14. ichek said

    mudik..?? nggak..?? mudik..?? nggak..??
    itung.. itung.. itung..
    !*@&#$%….!!!!

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: