Tips Mudik Roda Dua

Persiapan motor
Pastikan motor Anda sudah siap untuk menempuh perjalanan jauh. Lakukan servis dan pemeriksaan pada fungsi dan suku cadang Anda: aki, kanvas rem, lampu-lampu, setelan rantai. Jangan lupa untuk membawa suku cadang fastmoving seperti ban dalam, pelumas rantai, bohlam, busi dan sekering. Jangan lupa juga untuk membawa oli cadangan bila oli menguap akibat cuaca dan mesin mesti bekerja keras.

Persiapan bagasi
Jangan memaksa untuk membawa terlalu banyak barang. Perhatikan juga tata letak yang rapi karena akan mengubah center of gravity yang mempengaruhi kendali motor. Rapikan tali pengikat (bila ada) untuk menghindari kemungkinan tersangkut di kendaraan lain.

Persiapan pengendara
Jarak tempuh yang jauh ditambah kemacetan arus mudik yang mungkin timbul menuntut pengendara untuk selalu fit dan konsentrasi. Mudah-mudahan tips Ramadhan ini dapat membantu Anda menjaga kondisi tubuh.

Persiapan penumpang
Motor dirancang untuk 2 orang dan memiliki beban maksimal yang berbeda tergantung jenis motor yang Anda miliki. Baca buku petunjuk perawatan motor Anda dengan seksama. Jangan memaksakan diri untuk membawa terlalu banyak orang. Selain dapat mengakibatkan kendali motor yang tidak sempurna juga bisa mengakibatkan hilangnya nyawa. Mungkin Anda masih ingat kasus kematian balita yang diletakkan antara pengendara (ayah) dan boncenger belakang (ibu), yang diduga akibat sesak napas. Atau kasus anak yang tertidur dan ternyata meninggal saat didudukkan di depan pengendara. Jangan jadikan anak sebagai windshield (tameng angin) Anda!

Selama perjalanan, pastikan Anda dan keluarga mendapat istirahat yang cukup. Berhentilah setiap 2 jam sekali untuk ibadah, meregangkan badan, mengisi bensin dan juga memeriksa kondisi motor.

14 thoughts on “Tips Mudik Roda Dua”

  1. tambahan, mas.. kalo di jalan jangan ngebut..
    ..
    aku pernah dulu mudik pake motor..
    kalo udah disamping truk, ajep-ajeo deh,, he
    salam kenal..

  2. mas ed kalo ke mojokerto bilang2 yah nti kita ketemuan disanah 😛 tahun ini ga mudik soalnya nenek yg mu kesinih nengok ponakannya yg kembar dan baru lahir xixixixixixixi sepupu gw yg lutju kek gw *lho* 😛

Leave a comment